HUT Ke-5 Media Patroli BiNS : Antisipasi dan Tangkal Berita HOAX Jelang PEMILU 2024

KOTA BEKASI | jejakhukum.net – Rasa syukur dengan berbagi kebahagiaan bersama adalah suatu bentuk niat dan langkah yang sangat mulia, terlebih ketika Tuhan memberikan tambah usia satu tahun lagi dimana telah diberikan kesempatan untuk berbuat yang dapat membahagiakan siapapun.

Hal tersebut yang dilakukan jajaran manajemen media Patroli Bins pada kesempatan di Hari Jadinya (HUT) yang ke-5 tahun yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda ini, serta yang mau ikut ambil bagian dalam segala hal.

CEO Media Patroli BiNS, Mr. Binsar Manurung bersama sang Moderator Leny Kurniawati yang merupakan Pewarta Radio Republik Indonesia (RRI) dalam kesempatan HUT Ke-5 tahun Media Patroli BiNS yang digelar bertempat di Hotel Monoloog (Red Planet CAFE & RESTO) yang terletak di Jalan Chairil Anwar Nomor 26, Margahayu Bekasi Timur Kota BEKASI Jawa Barat pada, Sabtu (28/10).dok-istimewa/bins-fwj.i

Seperti diketahui bersama, bahwa maraknya informasi hoax (berita bohong) di tengah masyarakat dinilai sangat merugikan, baik bagi penerima informasi ataupun pihak yang diserang (terkena) hoax itu sendiri.

Hal tersebut merupakan salah satu kesimpulan dari diskusi interaktif dalam “Bincang Asyik Antisipasi Berita Hoax Menjelang Pemilu 2024” yang dihelat oleh Media Patroli Bins dalam rangka HUT ke-5 media tersebut bertempat di Hotel Monoloog (Red Planet CAFE & RESTO) yang terletak di Jalan Chairil Anwar Nomor 26, Margahayu Bekasi Timur Kota BEKASI Jawa Barat pada, Sabtu (28/10/2023) petang.

Dalam kesempatan tersebut hadir sejumlah narasumber diantaranya Staf Humas Pemkot Bekasi, Muchlis mewakili Pj. Wali Kota Bekasi yang berhalangan hadir. Mantan Kabag Humas Pemkot Bekasi, Sayekti Rubiah dan Ketua Umum Perjuangan Rakyat Nusantara yang juga salah satu Komisaris Independen BUMN, Kanjeng Pangeran Norman serta dengan dipandu Moderator Leny Kurniawati yang merupakan Pewarta Radio Republik Indonesia (RRI).

Dalam amanat pesannya, menurut Kanjeng Pangeran Norman Hadinegoro, berita hoax sangat merugikan terutama bagi mereka yang terserang oleh berita hoax itu sendiri.

“Bahkan di Indonesia, banyak sekali masyarakat kita yang mudah terpancing atau termakan berita hoax atau issue bohong,” ujar Norman.

Kanjeng Pangeran Norman Hadinegoro, S.E., M.M., Ketum Perjuangan Rakyat Nusantara dan Komisaris di  BUMN, bahwa ditengah kesibukan dirinya tetap mau berkenan memberikan waktunya untuk ikut hadir dan memberikan pencerahan dalam acara  diskusi Antisipasi Berita Hoax di HUT ke-5 media Patroli Bins.

Sementara itu,  Sekretaris Kongres Advokat Indonesia Kota Bekasi, Anton yang hadir dalam diskusi tersebut mengatakan, bahwa hoax dapat dikategorikan merupakan pelanggaran hukum pidana.

“Hati-hati kita perlu cermat terhadap informasi yang kita dapat. check and ricek, kita tidak bisa sembarang dan serta merta menyiarkannya informasi termasuk menyebarluaskannya. Sebab jika informasi itu hoax, maka bisa berdampak terhadap hukum,” tegas Anton.

Anton juga membeberkan data yang dimiliki pemerintah, bahwa saat ini informasi hoax mengalami peningkatan hingga mencapai 10 persen dalam kurun waktu yang sangat signifikan.

“Menteri Kominfo kemarin itu menyebut saat ini hoax meningkat sampai hingga sepuluh persen,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut, CEO Media Patroli Bins, Binsar Manurung mengatakan, sangat mengapresiasi dengan ungkapan terima kasih yang tak terhingga atas kehadiran para narasumber dan Humas Pemkot Bekasi Muchlis,  juga rekan-rekan Pimpinan Redaksi, Ketua Organisasi wartawan,  jurnalis, Rekan Mahasiswa, aktifis serta para perwakilan organisasi kemasyarakatan (Ormas/LSM) yang turut hadir memeriahkan dalam rangka HUT ke-5 media yang didirikan oleh dirinya (bang Binsar) tersebut.

“Secara pribadi dan juga atas nama manajemen media Patroli Bins, saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta mensupport kegiatan yang kami selenggarakan. Tentunya hal ini tak terlepas dari rasa solidaritas, soliditas dan sinergitas yang terbangun secara baik antara semua pihak di Kota Bekasi,” tutur Binsar.

Sajekti Rubiah, Mantan Kabag Humas Setda Pemerintah Kota Bekasi sebagai salah satu  Narasumber yang berkenaan  hadir, walaupun menyempatkan diri datang jauh-jauh dari Yogjakarta tetapi beliau dengan tetap semangat menyampaikan makalah dalam diskusi serta sangat mendukung penuh pelaksanaan HUT Ke-5 media Patroli Bins.

“Serta  saya berterimakasih dan mengucap syukur atas usia Media Patroli Bins yang telah  bertambah satu tahun. Sekarang sudah tahun ke lima tahun. Mudah-mudahan media kami bisa terus eksis di masyarakat dan ikut mencerdaskan masyarakat serta berfungsi sebagai kontrol pemerintah. Bagi narasumber yang sudah hadir dan semua yang hadir di sini, saya ucapkan terimakasih,” ucap Binsar.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga menyinggung soal ide mengangkat tema tangkal berita hoax dalam Bincang Asyik yang digelarnya. Bahwa ide tersebut menurutnya muncul manakala melihat realitas banyak hoax yang bertebaran di masyarakat dan baginya dan hal ini dirasa sangatlah merugikan.

“Hoax perlu kita perangi karena ini merugikan. Bagi kami para media, kami bertanggung jawab kepada publik memberikan informasi yang benar tanpa hoax,”  kata Binsar.

Sekadar informasi, selain Bincang Asyik, dalam kesempatan tersebut juga sekaligus dengan prosesi pemotongan kue ulang tahun secara simbolis, hiburan musik dan makan bersama.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih acara berjalan dengan sukses, ucapan  terimakasih juga saya sampaikan kepada  Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Dr. KETUT SUMEDANA dimana pertama kali saya minta untuk pembuatan video singkat terkait  ucapan HUT Media Patroli Bins Ke-5 tahun, langsung direspon dengan baik. Kita do’akan bersama semoga beliau diberikan kesuksesan dan kesehatan serta tetap dekat dengan para awak media,” harap Binsar.

“Terimakasih  juga kepada  semua pihak yang  tidak saya ucapkan satu persatu, dengan tidak mengurangi rasa hormat saya yang telah mensuport acara ini serta terus  mensuport  keberadaan Media Patrolibins sejak kami berdiri, jika ada kekurangan baik ucapan dan pelayanan dalam acara ini saya memohon maaf,” tutup Binsar.(*/dok-ist./hms-bins/len/Red/FAZZA)

Tinggalkan Balasan