PENTAS PAI Kecamatan Cilincing, Kegiatan Extrakurikuler Pendidikan Islam Tingkat SD

JAKARTA | jejakhukum.net – Kegiatan perhelatan Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) tingkat Kecamatan Cilincing, Kota Administrasi Jakarta Utara (Jakut) adalah bagian dari kegiatan extrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada tingkat Sekolah Dasar (SD), baik sekolah Negeri maupun sekolah swasta.

Hal ini tentunya dimaksudkan untuk memberikan peluang kepada para siswa-siswi dalam mengembangkan dan mengekpresikan kemampuan, sumber daya diri, minat dan bakat di bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). Selain juga sebagai upaya membangun aspek kognitif, afektif dan psycomotor.

Penyelenggaraan Pentas PAI diharapkan menjadi motivasi bagi siswa dalam mengikuti Pendidikan Agama Islam (PAI) secara keseluruhan, dan secara khusus memotivasi siswa/siswi untuk serta demi mengembangkan bakat ketrampilan dan seni Agama Islam, dalam rangka mewujudkan budaya keberagaman di lingkungan Sekolah Dasar (SD) yang pada giliranya dapat meningkatkan keimanan,
ketaqwaan dan akhlak mulia.

Pentas PAI dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen PAIS) pada sekolah. Pentas PAI sebagai wahana kompetensi siswa sekolah dalam hal Ketrampilan dan seni pendidikan Agama Islam, dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Sekolah, Gugus, Kecamatan, Kota, Provinsi sampai tingkat Nasional.

Kegiatan PENTAS PAI (Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam) ini dilaksanakan pada, Rabu (17/05/2023) dimulai sejak pukul 07.00 WIB.

Diikuti dengan antusias oleh peserta didik se-Kecamatan Cilincing baik sekolah Negeri ataupun swasta, dengan total sekolah yang yang mengikuti lomba lebih dari 50 sekolah dan total peserta lomba kurang lebih 1.144 murid, dengan didampingi oleh guru pendampingnya masing-masing.

Adapun mata lomba yang diperlombakan pada PENTAS PAI adalah MTQ, MHQ, Adzan, Cerdas cermat, Dacil, Marawis serta lain-lain. Dan dalam acara kegiatan Pentas PAI tersebut tampak di hadiri oleh; Ibu Hj. Sulistiyani, SE, MM, selaku Ka.Sie PAIS Jakarta Utara), Bapak H. SUJAELANI, M.Pd (Ka. SatLak Kec. Cilincing), dan tampak juga Bapak H. ZAENI, M.Si yang merupakan Koord.Was PAI.

Terlihat juga para Ketua Gugus 1-10 Kecamatan Cilincing, Bapak SAFRIN, M.Pd (Ketua K3S Kecamatan Cilincing), Bapak JUHAEDIN, M.Pd (Ketua PGRI Kec. Cilincing), Bapak H. SUPENDI, M.Pd (Koord. Pengawas), serta Ketua KKGPAI, Bapak Mukromin, S.Pd.

“Semoga dengan adanya Pentas PAI ini bisa menumbuhkan kembangkan kepercayaan diri, keterampilan, kreativitas mengeksplorasi bakat dan minat seni islami dari tingkat kecamatan hingga ke jenjang nasional itu yang menjadi harapan kami,” ujar Didi Baimahdi, M.Pd, yang merupakan Ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Sementara itu, Ketua KKGPAI, Mukromin mengungkapkan, bahwa dengan adanya kegiatan pentas seni dan budaya ini bisa mempersatukan lintas sekolah yang ada di Kecamatan Cilincing Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Tentu harapannya menuju peningkatan pengetahuan dalam seni budaya islam dan bisa menjadi program yang berkelanjutan mencetak bibit-bibit generasi penerus, di wilayah khususnya warga di kecamatan Cilincing, serta masyarakat Jakarta Utara pada umumnya,” tegas Mukromin.(*/dok-ist./jakut/Red/ANTONI)

Tinggalkan Balasan