Indikator Kesejahteraan Warga, RW.11 Pejuang Bekasi Berkurban 30 ekor Sapi dan 37 Kambing

BEKASI KOTA | jejakhukum.net – RUKUN Warga (RW) 011, Pejuang Kecamatan Medansatria dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, melalui panitia kurban yang dibentuk Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jami’ Al Muhajirin, yang dimana DKM merupakan organisasi strategis dalam ikhtiar ibadah melalui peran aktif mengelola rumah Alloh. DKM mengutamakan Ukhuwah Islamiyah antarwarga muslim yang bersifat terbuka, persamaan (egaliter), tidak memihak (non partisan) dan independen. Berkontribusi secara positif dan proaktif terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan.

DKM masjid Jami’ Al Muhajirin sejak pukul 08.30 WIB melakukan kegiatan penyembelihan hewan kurban sebanyak 36 ekor, yang dilaksanakan di halaman Masjid Jami’ Al Muhajirin, di Jalan Pejuang Jaya/9 RT.08/RW.11, Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi Jawa Barat pada, Kamis (29/06/2023).

Ketua Pelaksana Hewan kurban Idul Adha 10 Zhulhijah 1444 Hijriyah Juhaedin, lakukan koordinasi serta bahu membahu bersama Ketua DKM Masjid Al Muhajirin RW.011 Pejuang, ustadz Hendrawanto (kanan jongkok membelakangi kamera), yang mengatakan dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa jumlah hewan kurban tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.dok-@Adpti.zark

Sebanyak 36 hewan kurban tersebut terdiri dari 21 ekor sapi, dan 15 ekor kambing yang nantinya akan di distribusikan dengan sasaran kepada kaum dhu’afa, fakir miskin dan warga masyarakat sekitar.

Ketua DKM Masjid Al Muhajirin RW.011 Pejuang, ustadz Hendrawanto, dengan didampingi Ketua Pelaksana kurban Idul Adha 10 Zhulhijah 1444 Hijriyah Juhaedin, mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut menyampaikan jumlah hewan kurban tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang terdata 15 hewan (sapi) kurban menjadi 21 hewan (sapi) kurban di tahun ini.

Ketua DKM Masjid Al Muhajirin RW.011 Pejuang, ustadz Hendrawanto (kanan), dengan didampingi Ketua Pelaksana kurban Idul Adha 10 Zhulhijah 1444 Hijriyah, Juhaedin (kiri) saat memberikan keterangan pers-nya disela-sela prosesi pengemasan daging hewan kurban pada, Kamis (29/06).dok-istimewa/zark

Ustadz Hendra, sapaan akrab ketua DKM masjid Jami’ Al Muhajirin tersebut berharap dengan kenaikan angka hewan kurban di tahun 2023 ini, juga merupakan indikator terhadap kenaikan dari kesejahteraan warga, khususnya umat muslim. “Mudah-mudahan dengan kenaikan angka hewan kurban di tahun ini, semoga juga menjadi salah satu indikator kenaikan kesejahteraan warga RW.011,” imbuhnya.

Ustadz Hendra dalam penuturannya juga mengatakan daging kurban akan didistribusikan secara merata dan patut. Dirinya juga berpesan agar masyarakat selalu berlomba-lomba dalam kebaikan, serta mencari ridho Alloh semata. “Perayaan hari Raya Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Zhulhijah, tentunya semua berharap dapat membangun rasa sosial yang saling peduli dengan antar sesama dan berlomba dalam kebaikan di dunia, serta dalam membangun solidaritas, soliditas dan kerja sama diantara umat muslim, terlebih warga RW.011,” tegasnya

Penerimaan hewan kurban, kata ustadz Hendra, bahwa  ada dua (2) jenis sistem yang pertama itu dari tabungan kurban warga atau kita sebut dengan “Takwa” yang telah berjalan selama 1 tahun dengan 124 peserta (terealisasi sekitar 89 persen atau 99 orang). Kemudian yang kedua dari peserta patungan langsung tanpa melalui program tabungan Takwa sebanyak 50 peserta,” pungkasnya.

Sekretaris DKM masjid Jami’i Al Muhajirin, Dedy tampak tengah mencocokan data agar akurat dalam penyaluran daging hewan kurban diwilayah RW.11, hal ini bertujuan agar pencocokannya data penerima dan kuota daging dapat tepat sasaran.dok-@adpti.zark

Sementara itu, ketua Panitia pelaksana untuk hewan kurban di masjid Al Muhajirin, menjelaskan dengan merinci, yakni 20 ekor sapi hasil sistem menabung (patungan) dan 1 ekor (penyerahan secara langsung) ke pihak DKM masjid. “Bahwa penyerahan langsung 1 ekor sapi kemudian 15 kambing yang langsung diberikan dari warga,” ungkapnya.

Ketua RW.011 Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria Kota BEKASI, Hj. Ahadiatun Nurul Aini, turut serta dalam membantu dan mensupport panitia hewan kurban & pengurus DKM menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan kurban tahun 2023 Masehi/1444 Hijriyah berjalan dengan lancar sesuai seperti apa yang direncanakan pihaknya.dok-@Adpti.ZARK

Ketua RW.011, Hj. Ahadiatun Nurul Aini
menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan kurban tahun 2023 Masehi/1444 Hijriyah berjalan dengan lancar sesuai seperti apa yang direncanakan. Dalam keterangan persnya, ia menyampaikan Idul Adha sama dapat diartikan juga dengan nama Idul Nahr artinya hari raya penyembelihan.

“Hal ini untuk mengingat perjuangan dan sebuah ketakwaan yang hakiki serta memperingati ujian paling berat yang menimpa Nabi Ibrahim Alaihi Salam. Akibat dari kesabaran dan ketabahan Ibrahim dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan, Allah memberinya sebuah anugerah, sebuah kehormatan Khalilullah atau kekasih Alloh,” paparnya.

Hj. Nurul juga mengatakan selain di mesjid pihaknya juga mengkoodinir kegiatan penyembelihan di musholla Usman Al Hafiz 3 ekor Sapi dan 11 Kambing, musholla Istiqomah 3 ekor Sapi dan 5 Kambing sedangkan di musholla As Salam 3 ekor Sapi, 6 Kambing. Jadi untuk keseluruhan hewan kurban sebanyak 67 ekor yang terdiri dari 30 ekor sapi, dan 37 ekor kambing, sesuai data (sementara) yang masuk.

“Melalui kebersamaan Insya Alloh, hewan kurban tahun depan mungkin bisa akan lebih banyak lagi. Saya selaku ketua RW.11 tentunya sangat mengapresiasi dan men-support serta sangat bersyukur atas kepedulian, antusiasme dan motivasi warga dalam berkurban. Dan dengan kegiatan kurban tahun ini, semua warga insyaAlloh bisa mendapatkan daging kurban, bahkan kita bisa membagikan diluar RW.11,” pungkasnya.(*/dok-@Adpti.ZARK)

Tinggalkan Balasan