“Musda ke-III Dewan Pimpinan AAI Officium Nobile Sumsel Digelar, Turut DPD dan DPC se-Provinsi Jambi Dilantik”

JAMBI JEJAKHUKUM.NET– Musyawarah Daerah (Musda) ke- III Dewan Pimpinan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Officium Nobile Sumatera Selatan dan Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang AAI Officium Nobile se-Sumsel, DPC AAI ON Palembang, DPC AAI on Banyuasin, DPC AAI ON OKI-OI, DPC AAI ON Muara Enim, DPC AAI ON Prabumulih-PALI, DPC AAI ON Mura Raya, DPC AAI ON Lahat Raya, DPC AAI ON Musi Banyuasin, DPC AAI ON OKU Raya serta PBH AAI ON Sumsel.

Selain MUSDA ke-III dan pelantikan kepengurusan DPD, DPC se-Sumsel, dalam acara tersebut turut dilantik kepengurusan DPD dan DPC AAI ON se-Provinsi Jambi, DPD AAI ON Jambi, DPC AAI ON Kota Jambi, DPC AAI ON Muaro Jambi, DPC AAI ON Kabupaten Kerinci, DPC AAI ON Kabupaten Merangin, DPC AAI ON Kabupaten Batang Hari dan DPC AAI ON Kabupaten Tanjung Jabung Timur periode tahun 2023 – 2028.

Acara dihadiri Gubernur Sumsel, Pangdam Sumsel, Kapolda Sumsel, Ketua Pengadilan Tinggi Sumsel, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel dan seluruh instansi terkait, acara diselenggarakan di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Sabtu (26/8/2023),

Dalam sambutannya Gubenur Sumsel mengajak agar AAI selalu mengabdi kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan hukum.

“Insya Allah ketua terpilih nantinya tetap melanjutkan visi dan misinya Pak Candra dan tetap menjadi pelayan hukum yang terbaik di Sumsel,” ucap Herman Deru

Sementara itu, Ketua DPP AAI Officium Nobile Dr Palmer Situmorang, S.H,. M.H mengungkapkan, profesi advokat itu tidak jauh berbeda dengan wartawan, apabila memberitakan informasi hoax bisa dipidanakan.

“Kalau dilihat sebenarnya fungsi dari pada advokat dan wartawan itu sama-sama dilindungi undang-undang, sebagai contoh advokat menerima alat bukti, dan apabila alat bukti itu tidak benar maka seharusnya itu menjadi tanggung jawab kliennya, bukan advokatnya,” jelas Palmer.

“Dengan bertambahnya jumlah yang dilantik hari ini menjadi 14, sekaligus pertanda bahwa memang kesadaran berorganisasi harus betul-betul dinyatakan dalam kiprahnya,” tambahnya.

“Pesan saya, keadilan itu jangan menunggu di meja hakim atau diketok palunya, akan tetapi keadilan dimulai dari mejanya pengacara. Apakah kliennya itu benar atau salah, dia harus memberikan nasihat yang sebenarnya, sesuai dengan keahliannya mengenai hukum,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD AAI Officium Nobile Sumsel Dr (C) M. Husni Candra, S.H., M.Hum menambahkan, selama satu tahun dirinya melakukan roadshow pelantikan se-Indonesia, hari ini merupakan pelantikan terbesar yang ada hanya di Sumatera Selatan dimana dalam pelantikan hari ini turut juga dilantik rekan-rekan advokat DPD, DPC se-Provinsi Jambi.

Via WhatsApp Saiful Kipli saat dikonfirmasi media ini mengatakan, syukur kehadirat Allah SWT saya mendapat amanah dari Ketua Umum DPP Asosiasi Advokat Indonesia – Officium Nobile (AAI ON) DR. Palmer Situmorang, SH,. M.,H menjadi DPD AAI Provinsi JAMBI”, (27/08/2023).

“Saya ikut dalam pelantikan bersama rekan-rekan DPD Sumsel yang diikuti oleh pengurus 6 (Enam) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) AAI se- Provinsi Jambi, Insya Allah dalam mengemban amanah sebagai Ketua DPD AAI Provinsi Jambi melaksanakan tugas dan kewajiban yang menjadi amanat AD/ART Organisasi Asosiasi Advokat Indonesia – Officium Nobile (AAI ON),” tutup Saipul.

Penulis M. Hatta