JAMBI JEJAKHUKUM.NET. Direktur Auditorium Cendekia Center, Buya Assist. Prof. Dr. Hamdan Firmansyah, MMPd, MH, CLA, CT, CMT atau biasa dipanggil dengan sapaan Prof. Buya memberikan pencerahan bertajuk Orasi Nasional.

Penyampaian orasi nasional diselenggarakan bertepatan pada acara Wisudawan Madania Bantul Yogyakarta pada 11 Mei 2024.

Acara dihadiri oleh keluarga besar Pesantren Modern Yatim dan Dhuafa Madania Bantul, selain keluarga besar pesantren, dalam acara tersebut turut hadir tamu undangan dari Bupati Bantul, Kepala Dinsos, Kepala bidang PAKIS dan Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, dan turut hadir tamu undangan lainnya.

Prof. Buya Firman dalam orasinya mengatakan, Negara ini berkelanjutan dan harus ditata kelola dengan baik supaya maju dan berkembang sehingga penting untuk mempersiapkan SDM Generasi muda sebagai penerus bangsa melalui pendidikan. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 mengamanatkan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Buya Firman menambahkan, MA Madania Bantul hadir sebagai percontohan nasional dalam dunia pendidikan yang bersesuaian dengan amanat UU Sisdiknas yaitu mencetak insan yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, berilmu dan mandiri karena Madania MA berbasis Pesantren.

Selain itu, Madania menginpirasi Pesantren Agribisnis berupa budidaya Melon Intanon dan berbagai kegiatan pertanian untuk mewujudkan Indonesia sehat.

Tidak hanya itu MA Madania adalah salah satu lembaga pendidikan pertama di Indonesia yang dimentori langsung oleh Buya Firman dalam menghasilkan karya menumental barupa karya tulis dan karya seni teater yang telah mendapatkan ISBN dari Perpusnas RI dan HKI dari Kemenhumham RI sebagai jawaban para siswa siswi Madania
cakap dan kreatif. Jelas Buya dalam orasinya.

Saat dikonfirmasi via WhatsApp oleh wartawan jejakhukum.net Kaperwil Jambi, mempertanyakan apakah inti dari orasi nasional yang Buya sampaikan dalam acara Wisuda Madania Bantul tersebut.

Jelas Buya, intinya adalah agar seluruh masyarakat tahu bahwa kami ingin anak-anak pesantren berkiprah bukan ditingkat nasional akan tetapi sampai ketingkat nasional membawa harum bangsa ini. Tutup Buya.

Jurnalis: M. Hatta