POLANTAS MEMPAWAH MENGHIBAU TERKAIT LAKA LANTAS DI KABUPATEN MEMPAWAH

News72 Dilihat

KALBAR, Jejakhukum.net – 23 Agustus 2024. Kasat Lantas Polres Mempawah Iptu Aditya Jaya mengungkapkan sejumlah kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) diwilayah hukum Polres Mempawah sudah ditangani dengan baik.

Hal itu diungkapkan Aditya Jaya menjawab pertanyaan awak media di Mempawah Jumat (23/8/24). Kejadian laka lantas ini menurutnya karena human eror. “Salah satunya pengendara kurang fokus berkendara dijalan raya”, ungkapnya.”

Bisa saja pengendara dalam berkendara dijalan raya matanya ngantuk, atau tidak fokus karena memikirkan hal lain, sehingga pada saat dijalan raya sangat membahayakan bagi sipengendara bermotor tersebut”, ujar Aditya.

Iptu Aditya tidak membantah bahwa tingkat laka lantas diwilayah hukum Polres Mempawah cukup tinggi. Sebab Mempawah merupakan jalur perlintasan menuju Singkawang dan Sambas. Namun perbandingan setiap tahunnya bisa turun bisa juga naik angka laka lantasnya.

Oleh sebab itu Iptu Aditya berpesan agar masyarakat yang melintas jalan raya kabupaten Mempawah agar berhati hati dengan kendaraannya, perhatikan rambu rambu lalu lintas, laju kendaraan dikurangi, fokus dalam berkendara. “Gunakan alat pengaman berkendara”, ungkapnya.

Ketika ditanya kejadian laka lantas pada tanggal 9 Agustus 2024 hari Jumat malam sekitar pukul 20.00 Wib di jalan raya Parit Banjar Mempawah Km 58,500 antara motor vs mobil menyebabkan 3 korban luka berat , seorang ibu dan 2 anaknya, kasat membenarkan kejadian tersebut. ” Kasus ini masih dalam proses “, ungkapnya.

Terhadap seringnya laka lantas ini, Iptu Aditya Jaya mengatakan pihaknya selalu memberi himbauan dan peringatan melalui banner dan pengumuman melalui patroli jalan raya agar masyarakat berhati hati dalam berkendara dijalan raya.

(Joni)