Gelar Silaturahmi Mitra Koramil 01 (Flores) KOJA, Jakut Adakan Sosialisasi Babinsa dan Mitra Award

JAKARTA | jejakhukum.net – Komandan Rayon Militer (Danramil) 01 Koja, Komando Distrik Militer (Kodim) 0502 Jakarta Utara, Mayor Kavaleri Didik dan Mitra Koramil Koja 01 (Flores), Jakarta Utara mengadakan kegiatan rutin berupa sosialisasi terkait Bintara Pembina Desa (Babinsa) Award dan Mitra, di jalan Rumah Susun Sederhana Sewa Sindang, Jalan Sindang, RT.003/RW.09, Kecamatan Koja Jakarta Utara pada, Jum’at (21/07/2023).

Dalam kesempatan kegiatan tersebut, Danramil Mayor Kav. Didik menjelaskan terkait sinergitas jajaran TNI di wilayah binaannya. “Bahwa tujuannya adalah untuk memupuk silaturahmi serta mensosialisasikan ST Pangdam (Panglima Kodam Jaya) terkait dengan Babinsa Award yang mana di dalamnya tersebut ada memperlombakan Babinsa dan Mitra, sehingga pada kesempatan malam hari ini saya memanfaatkan selain untuk bersilaturahmi dengan jajaran Mitra di wilayah Koja Jakarta Utara,” tutur Didik

Ia juga mensosialisasikan terkait perintah dari Komandan Distrik Militer (Dandim), Kodim 0502 Jakarta Utara, yaitu mensosialisasikan Babinsa Award dan Mitra.

“Harapan saya untuk kegiatan pada malam ini bisa berlangsung dan berlanjut dan di laksanakan di jajaran Mitra Kelurahan dan jajaran Mitra Koramil 01 Flores Koja. Sehingga tujuan akhirnya yaitu menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, yang mana saat ini kita lihat sering terjadi curanmor, aksi Begal, perkelahian (tawuran) dan sebagainya,” imbuhnya.

Terkait dengan adanya award ini, lanjut Mayor Kav. Didik, akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 mendatang. “Kemudian selain itu, untuk materi yang di perlombakan yaitu Babinsa terbaik yang nantinya akan di pilih secara berjenjang, baik tingkat Koramil, kemudian dilajutkan ketingkat Kodim dan selanjutnya ketingkat KOREM dan akan di teruskan ke tingkat Kodam Jaya,” paparnya.

Begitu juga dengan mitra-mitra terbaik dengan beberapa prestasi yang di milikinya. Yang jelas prestasi itu berguna bagi masyarakat di sekelilingny Kemudian nanti akan disaring oleh Kodim 05.02 Jakarta Utara.

Adapun lomba yang akan di adakan adalah, lomba photograper dan vidiografer (cinematik) dan untuk para pemenangnya kemungkinan akan di tayangkan melalu televisi. atau mungkin nanti akan di sebarkan di media sosial dan langsung diberikan oleh Pangdam Jaya, untuk tanggalnya sampai saat ini kami belum tau,” ungkap Mayor Kavaleri Didik di depan para awak media.

Handoko, selaku Ketua Mitra jaya Kodim 0502/JU mengatakan, untuk saat ini ada 600 pengurus yang aktif. Babinsa Mitra di wilayah ini juga turut membantu TNI dalam menjaga stabilitas keamanan di lingkungan serta membantu tugas Babinsa, yang mana Babinsa selalu melekat di wilayah terutama dengan masyarakat di sekitarnya.

Mitra Babinsa khususnya di wilayah Koja sangat berperan dalam menjaga Kamtibmas, itu di buktikan dengan beberapa kegiatan patroli bersama yang sering di lakukan di hari-hari libur seperti hari Jum’at, malam Sabtu, malam Minggu. Maka diharapkan dengan adanya patroli tersebut setidaknya bisa mengurangi tingkat kriminal di wilayah Koja, Jakarta Utara.

“Harapan saya kedepannya, Mitra terus bermitra dengan TNI Angkatan Darat pada khususnya dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat di sekitar terutama di wilayah Koja, kemudian dapat membantu rakyat, membantu TNI, kemudian bisa menjadi pelopor dalam pergerakan untuk membantu persatuan dan kesatuan wilayah,” harap Handoko.

Sementara itu, Lurah Koja, Frimelda Novarita mengatakan sangat mengapresiasi dengan kegiatan Babinsa dan Mitra Award. “Tentunya kami dari kelurahan koja berharap kebersamaan tiga pilar dalam setiap kegiatan, seperti cipta kondisi keamanan, kenyaman dan ketertiban di wilayah koja akan terus terjaga kondusifitasnya,” ujar Frimelda.

Frimelda berharap Babinsa ada waktu dan jam-jamnya untuk mengamankan keamanan di wilayah serta menjalin silaturahmi karena menjelang pemilu sangat riskan dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami dari pihak kelurahan memohon agar ditingkatkan kekompakan dengan para elemen-elemen yang ada di wilayah koja,” tutup Frimelda

Terpantau dalam kegiatan sosialisasi tersebut, turut hadir dalam acara ini, selain Lurah Koja dari tokoh masyarakat koja para ketua RT dan ketua RW se kelurahan Koja, acara berlangsung kondusif, lancar dan penuh khidmat.(*/dok-ist./jakut/Red/ANTONI)

Tinggalkan Balasan